Healthy Lifestyle

Image

Gaya hidup yang sehat, itu bukan berarti Anda rela berkorban mati-matian gak makan, menahan rasa lapar. Tapi, harus cermat-cermat dalam milih makanan, makan yang teratur, dan pastinya harus di dukung sama olahraga atau fitness.

Disini saya ingin sharing gaya hidup sehat yang benar menurut pengalaman pribadi dan info-info yang saya baca, seperti dibawah ini:

1. Pintar-pintar mengelola pola makan & minum

  • Hindari makanan yang di goreng, yang ada pengawet, dan terutama fast food. Lebih baik, Anda makan dengan membawa bekal dari rumah, karena selain kebersihannya sudah terjamin, Anda juga bisa menyesuaikan menu makanan yang sehat seperti: makanan yang di rebus atau di kukus.
  • Makan lah sesering mungkin (2 kali makan besar, 3 kali cemilan sehat) dengan porsi kecil. Kenapa gitu? karena akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Bagi yang suka jarang makan, tapi sekalinya makan porsinya gede, mending di pikir-pikir lagi deh..
  • Sering lah Anda minum air putih, selain baik buat tubuh, ini juga bisa dijadiin suatu cara buat diet.
  • Buat yang suka minum minuman beralkohol, mending kurangin deh.. Tapi kalau bisa berhenti, yaa lebih bagus! karena, alkohol itu mengandung beribu-ribu kalori loooh guys. Jadi pikir-pikir lagi ya kalau mau minum alkohol, buat yang lagi diet.

2. Luangin waktu untuk berolahraga

  • Paling tidak, luangkan waktu Anda untuk olahraga seminggu 2-3 kali. Olahraga, gak mesti di tempat fitness aja kok. Anda bisa lari keliling komplek rumah, bersepeda, berenang, main basket, main bola dan olahraga lainnya. Guys, disini olahraga JANGAN dilihat dari banyaknya keluar keringet ya. Keluar keringet banyak, BUKAN berarti semakin banyak kalori yang kamu bakar loh!.
  • Bagi yang fitness atau nge-gym, nih saya ingin sharing sesuatu buat treadmill (daripada Anda melakukan treadmill gak jelas lari-lari gitu kan hehehe). So, check this out!

Image

HIIT Cardio :

– 4 menit pemanasan, dengan speed 4.5 – 5kmh

– 2 menit jalan cepat, dengan speed 6kmh

– 1 menit lari, dengan speed 8.5 – 9kmh

(ulangi dua langkah diatas sebanyak 6 kali)

– 2-4 menit pendinginan, dengan speed 4 – 4.5kmh

Elevated HIIT Cardio :

– 4 menit pemanasan, dengan speed 4.5 – 5kmh

– 1.5 menit jalan cepat, dengan speed 6kmh

– 1.5 menit lari, dengan speed 8.5 – 9kmh

(ulangi dua langkah diatas sebanyak 3 kali)

– 1 menit jalan cepat, dengan speed 6kmh

– 1 menit lari, dengan speed 11 – 12kmh

(ulangi dua langkah diatas sebanyak 3 kali)

– 2-4 menit pendinginan, dengan speed 4 – 4.5kmh

Nah… dijamin kalau Anda pakai cara treadmill diatas, berat Anda turun lebih cepat (disarankan memakainya tidak setiap hari secara terus menerus, tapi pakai secara selang-seling, maksimal 3 kali seminggu). Dan jangan lupa, angkat beban. Bagi cewek-cewek, jangan takut bakalan jadi seperti binaragawan Indonesia, ade rai ,kalau melakukan angkat beban. Justru dengan angkat beban, bisa lebih membakar kalori dan membentuk tubuh yang ideal. Tapi ingat, badan Anda juga butuh istirahat. Dan maksimal fitness atau nge-gym itu 1.5 jam yang bener. So, be smart guys!.

3. Selalu berpikir positif, sering-sering ketawa (menurut info, ketawa itu bisa membakar kalori juga loh. Tapi SANGATLAH disarankan, ketawa asal ada temennya ya, gak baik juga loh kalau ketawa sendirian. Bisa-bisa diangkut ke RSJ-Rumah Sakit Jiwa lagi), dan atur jam tidur dan istirahat Anda yang benar.

Oke, itulah saran-saran berdasarkan pengalaman pribadi saya, yang berhasil nurunin berat saya and of course menjadikan saya bisa hidup sehat juga. Semoga tulisan saya ini mengahsilkan buah buat kalian ya. Selamat mencoba!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s